Situs Berita Smartphone + Situs Harga Smartphone + Situs Spesifikasi Smartphone + Situs Review Smartphone

Friday 20 March 2015

Petisi Online Desak Facebook Hapus Emoji 'Merasa Gemuk'

Petisi Online Desak Facebook Hapus Emoji 'Merasa Gemuk' - Kali ini Situs Smartphone akan mengulas artikel gadget terbaru berjudul Petisi Online Desak Facebook Hapus Emoji 'Merasa Gemuk' yang dikutip dari Tabloid Pulsa. Jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai artikel Petisi Online Desak Facebook Hapus Emoji 'Merasa Gemuk', anda bisa menyimak artikel kami tentang Petisi Online Desak Facebook Hapus Emoji 'Merasa Gemuk' dibawah ini.

Petisi Online Desak Facebook Hapus Emoji 'Merasa Gemuk'

Sekelompok aktivis pemerhati sosial membuat petisi online yang menggugat Facebook untuk menghapus gambar emoji yang mewakili perasaaan tertentu, yakni "merasa gemuk". Petisi yang dilancarkan oleh Change.org ini telah berhasil mengumpulkan lebih dari 14.000 tanda tangan, dan memicu perdebatan apakah jaringan sosial raksasa itu memang berniat untuk melecehkan dan mempermalukan kondisi tubuh tertentu (gemuk) dari pengguna Facebook.

Dilansir dari Mashable, (07/03), Facebook memang sejak tahun kemarin telah melengkapi update status di timelinenya dengan beragam pilihan emoji yang dianggap dapat mewakili perasaan tertentu dari si pembuat status. Mulai dari emoji senang, sedih, hingga marah. Tapi bagaimana dengan emoji "merasa gemuk"?

Emoji "merasa gemuk" muncul sebagai salah satu dari banyak pilihan ikon emoji di Facebook saat Anda siap update status. Endangered Bodies, kelompok di balik inisiatif di balik petisi Change.org ini, menginginkan emoji "merasa gemuk" yang menyertai update status ini dihapus karena mereka percaya emoji “merasa gemuk” ini mendorong adanya sikap melecehkan tubuh seseorang dan dapat memunculkan pikiran yang merusak diri sendiri.

"Bila pengguna Facebook menetapkan status mereka dengan emoji 'merasa gemuk' tersebut, mereka mengolok-olok orang-orang yang menganggap diri mereka kelebihan berat badan, yang dapat mencakup banyak orang dengan gangguan makan, dan termasuk meracuni pikiran mereka sendiri. Itu sungguh tidak baik dan jahat. Kelebihan lemak dalam tubuh bukanlah kondisi perasaan. Lemak adalah bagian alami dari tubuh kita, tidak peduli berat badan mereka. Dan semua benda layak untuk dihormati dan dirawat. Apapun bentuknya!", tulis Endangered Bodies, di petisi Change.org.

Petisi ini sudah digulirkan selama hampir dua minggu dan memiliki 14.346 tanda tangan yang menyetujui penghapusan emoji "Merasa Gemuk". Dan hanya beberapa jam saja sudah mencapai lebih dari 15.000 tanda tangan. Di Twitter, para pengguna Facebook yang kecewa dengan adanya emoji "Merasa Gemuk" itu membuat forum komunikasi dengan hastag #fatisnotafeeling.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Facebook mengatakan pada Mashable bahwa mereka memang berupaya untuk menawarkan lebih dari 100 perasaan yang ditetapkan berdasarkan masukan pengguna, dan emoji yang ada di Facebook adalah semata-mata untuk menggambarkan apa yang dirasakan oleh pengguna, bukan untuk melukai, melecehkan atau menyudutkan kondisi tubuh tertentu dari sebagian pengguna Facebook.
"Orang menggunakan Facebook untuk berbagi perasaan mereka dengan teman dan saling mendukung. Salah satu pilihan yang kami berikan adalah melalui emoji untuk mengekspresikan diri mereka dengan menambahkan perasaan ke postingan yang mereka buat. Anda dapat memilih banyak emoji yang kami tawarkan berdasarkan masukan masyarakat", ujar jurubicara Facebook tersebut.

Dia juga mengatakan bahwa Facebook termasuk salah satu perusahaan global yang sangat perduli dan menghargai pola makan dan gangguan makan. Facebook mengatakan pihaknya bekerja sama dengan National Eating Disorders Association untuk memberikan informasi yang relevan pada masyarakat tentang bahaya gangguan pola makan dan upaya pencegahannya melalui kampaye dan penyebaran informasi di timeline Facebook

Sekian berita gadget terbaru dari Situs Smartphone mengenai Petisi Online Desak Facebook Hapus Emoji 'Merasa Gemuk'. Harapan kami artikel seputar gadget yang berjudul Petisi Online Desak Facebook Hapus Emoji 'Merasa Gemuk' ini bisa bermanfaat untuk anda. Silahkan lihat juga berita gadget terbaru lainnya mengenai HTC E9 Siap Rilis Akhir Maret di Tiongkok

Tags :

Related : Petisi Online Desak Facebook Hapus Emoji 'Merasa Gemuk'